5 Bursa Kripto Terbaik di Indonesia

Ada sangat banyak bursa jual-beli Cryptocurrency baru yang muncul setiap bulan. Pemula akan kebingungan memilih mana yang terbaik di antara mereka.

Berikut adalah Cryptocurrency Exchange terbaik di Indonesia. Kami menganalisa dan membandingkan mulai dari Fitur, Biaya layanan, Metode deposit dan penarikan dan lain sebagainya.

Dibawah ini saya hanya menampilkan Exchange yang memiliki pasangan trading di IDR, seperti ETH/IDR, BTC/IDR dan lainnya serta bisa deposit/penarikan menggunakan Rupiah bank Lokal.

1. Luno

Luno adalah tempat membeli cryptocurrency paling ramah terhadap pemula. Platform mereka mudah digunakan dan tidak bertele-tele. Deposit dan penarikan Rupiah melalui bank transfer dan tanpa dikenan Fee.

Jika Anda hanya ingin membeli Crypto saja maka Luno menjadi pilihan yang tepat. Tetapi jika anda ingin naik ke tingkat yang lebih lanjut seperti trading dengan fitur pending order, stop limit dan lainnya maka anda bisa melihat exchange lain dibawah.

Situs web: https://www.luno.com

2. Coinone Indonesia

Exchange ini adalah anak perusahaan dari Coinone korea yang merupakan 3 besar Exchange terbesar disana. Platform mereka lebih familiar dan mudah digunakan dibandingkan Indodax.

Coinone sudah mendukung metode deposit dan penarikan melalui bank lokal Rupiah dan tanpa biaya.

Coinone lebih advance dibandingkan dengan Luno karena di Coinone ada fitur limit order yang tidak tersedia di Luno. Tetapi Coinone dan exchange lainnya dibawah ini tidak terlalu ramah terhadap pemula karena butuh waktu untuk mempelajari-nya.

Situs web: https://coinone.co.id/

3. Upbit Indonesia

Upbit Indonesia juga adalah anak perusahaan Crypto Exchange dari Korea Selatan yaitu Upbit jadi tidak perlu diragukan lagi soal keamanannya. Upbit sendiri adalah exchange terbesar di Korea saat ini dan 10 besar di Dunia.

Upbit Indonesia dengan nama PT. Upbit Exchange Indonesia adalah perusahaan resmi dan memiliki kantor di Jakarta. Di Upbit kita bisa deposit dan penarikan menggunakan mata uang Rupiah.

Situs web: https://id.upbit.com/

4. Gopax Indonesia

Gopax adalah bursa yang juga berasal dari Korea Selatan. Sekarang sudah memiliki kantor di jakarta dan menjadi perusahaan resmi yang beroperasi di Indonesia.

Metode deposit dan penarikan sudah tersedia transfer bank Rupiah, dan pasangan trading terhadap mata uang IDR.

Situs web: https://www.gopax.co.id/

5. Indodax

Indodax pernah menjadi bursa perdagangan crypto terbesar di Indonesia. Banyak orang Indonesia membeli crypto pertama mereka menggunakan Indodax (dulu namanya bitcoin.co.id)

Kekurangan Indodax adalah dalam 2 tahun terakhir mereka melisting koin yang tidak jelas yang bahkan tidak di listing di exchange manapun, sehingga membuat banyak orang khususnya pemula mengalami kerugian kerena terjebak membeli koin tersebut. Peran exchange yang paling utama seharusnya membantu pemula terhindar dari koin-koin yang tidak jelas.

Ini sangat penting karena sepengalaman saya, kita mudah terpengaruh oleh orang lain, ketika sebuah koin baru di listing, maka akan banyak orang-orang yang berkomentar kalau koin ini akan naik, Anda akan untung sekian persen dan sejenisnya, tetapi kenyataannya justru sebaliknya.

Inilah alasan saya membuat indodax di posisi ke 5.

Coba bayangkan apa yang terjadi jika bursa saham Indonesia melisting perusahaan-perusahaan fiktif, tidak jelas dan abal-abal. Tentu banyak pedagang saham yang terjebak dan mengalami kerugian.

Kalau saya sendiri menyarankan anda menghindari Exchange yang seperti ini.

Selain itu Indodax mengenakan Fee deposit 6.500 dan Fee penarikan 1% dimana jumlah ini termasuk sangat besar. Jadi jika anda menarik uang 100 jt maka akan dikenakan fee 1jt Rupiah.

Situs web: https://indodax.com/

Tinggalkan Balasan